“Chiip”, Produk Kimia Rumah Tangga dari SMK Putra Indonesia Malang
Malang, Ditjen Vokasi PKPLK – Pendidikan menjadi landasan utama dalam membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Di tengah dinamika perkembangan industri, sekolah menengah kejuruan (SMK) memiliki peran vital dalam menyiapkan SDM yang siap berkontribusi dalam dunia industri.
SMK Putra Indonesia Malang pun menunjukkan kekonsistenannya dalam menyiapkan SDM berkualitas. Selain belajar di kelas, SMK Putra Indonesia Malang, Jawa Timur juga memfasilitasi siswanya untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan mengembangkan produk kimia rumah tangga berkualitas yang diberi merek “Chiip”. Melalui Konsentrasi Keahlian Kimia Industri, para siswa berhasil mengembangkan berbagai produk, seperti sabun mandi, shampoo, hand sanitizer, sabun cuci piring, sabun cuci tangan, yang telah lolos uji mutu dan memperoleh izin edar resmi.
Tidak hanya sekadar praktik di laboratorium, para siswa juga terlibat langsung dalam proses formulasi, produksi, hingga pengemasan dan pemasaran produk. Hasilnya, produk-produk yang dihasilkan tidak hanya layak pakai, tetapi juga memenuhi standar keamanan dan legalitas.
Kepala SMK Putra Indonesia Malang, Eka Tries Yuliani, menyampaikan bahwa produk kimia rumah tangga ini adalah produk teaching factory (Tefa) yang dikembangkan di sekolah. menurutnya, pengembangan Tefa SMK Putra Indonesia Malang yang baik, tidak hanya selalu memberi manfaat kepada sekolah dan peserta didik dalam komunitas tertentu saja, tetapi juga untuk masyarakat sekitar. Selain itu, langkah ini juga sebagai upaya untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja, kreatif, dan mampu berinovasi.
“Kami juga ingin memberi manfaat kepada seluruh peserta didik SMK Putra Indonesia Malang dan masyarakat melalui pemberdayaan produk SMK serta pemberian layanan jasa di komunitas masyarakat,” ucap Yuliani.
Produk Chiip telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan kemasan yang beraneka ragam, produk-produk buatan siswa ini kini telah dipasarkan di lingkungan sekolah, masyarakat, dan melalui platform digital. Harganya yang kompetitif dan kualitas yang terjamin, produk ini disambut antusias oleh konsumen lokal. (SMK Putra Indonesia Malang/Aya/Dani)