Utamakan Kualitas Pelayanan, BBPPMPV BOE Selenggarakan Forum Konsultasi Publik
Malang, Ditjen Vokasi PKPLK - Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPB BOE) terus meningkatkan komitmennya dalam paya peningkatan kualitas layanan pendidikan vokasi. Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus tersebut menggelar Forum Konsultasi Publik pada Senin (25-08-2025) di Malang.
Kepala BBPPMPV BOE, I Gusti Made Ardana, membuka kegiatan secara langsung yang diikuti sebanyak 34 peserta. Peserta tidak hanya berasal dari lembaga pendidikan, tetapi juga pemilik usaha, dan unsur pemerintahan lainnya.
Menurut Made Ardana, forum ini sebagai bentuk komitmen BBPPMPV BOE dalam menjaga komitmen pelayanan, baik internal maupun eksternal. Oleh karena itu, Forum Konsultasi Publik sangat penting menjadi agenda tiap tahun, walaupun secara prinsip BBPPMPV BOE sudah berstatus Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM).
Dalam sambutannya, Made menjelaskan lebih lanjut, “Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang perlu ditingkatkan dalam layanan yang diberikan oleh lembaga kami.”
Pertahankan Predikat dan Menghimpun Masukan
Kegiatan ini juga merupakan upaya BBPPMPV BOE dalam upaya mempertahankan predikat ZI WBBM dan juga menghimpun masukan terhadap pelayanan lembaga.
“WBBM adalah predikat tertinggi. Kalau layanan publiknya tidak mengikuti, tentu akan menjadi pertanyaan orang. Oleh karena itu, kami harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan agar selalu menjadi yang terbaik,” ujar Made Ardana.
Evaluasi yang dilakukan meliputi berbagai aspek layanan, seperti kepuasan pelanggan, keramahan petugas, dan pemanfaatan fasilitas. Penilaian terhadap kinerja ini pun di detailkan melalui instrumen yang setelahnya dibahas melalui forum.
“Apa yang sudah ada kami pertahankan, apa yang belum maksimal kami tingkatkan,” pungkas Made.
Sebagai tambahan informasi, Made pun menyebutkan bahwa sejauh ini masukan-masukan bersifat minor, seperti transparansi informasi dan standar harga. Walaupun begitu, BBPPMPV BOE tetap memperhatikan hal tersebut agar pelayanan tetap terbaik. Selain itu, sebagai tindak lanjut, BBPPMPV BOE berencana melakukan studi tiru ke BBPMP Jawa Tengah serta membuka peluang kerja sama dengan mitra lain untuk memperbaiki aspek dokumentasi dan memperkuat pemahaman terkait standar layanan. (BBPPMPV BOE/Zia/NA)